Universitas Ibnu Chaldun

Profil Universitas Ibnu Chaldun

PROFIL YAYASAN PEMBINA PENDIDIKAN IBNU CHALDUN (Y.P.P.I.C) JAKARTA


UNIVERSITAS IBNU CHALDUN JAKARTA


I. PENDAHULUAN

Pendidikan masyarakat merupakan suatu gagasan berupa konsep, hasil penelitian dan penerapan pengembangan di masyarakat. Fungsinya adalah untuk membimbing dan meningkatkan pola piker masyarakat terhadap semua perkembangan dunia yang sedang terjadi saat ini. Mendidik adalah kegiatan memberi pengajaran, membuat seorang memahami, dan dengan pemahaman yang dimiliki peserta didik dapat mengembangkan potensi diri dengan menerapkan apa yang dipelajari.

Pendidikan merupakan suatu upaya yang terstruktur untuk membentuk manusia yang berkarakter sesuai dengan konsekuensinya. Setiap Agma telah mewajibkan semua umatnya untuk menuntut ilmu. Segala macam ilmu yang bermanfaat bagi dirinya dan juga semua umat, begitu juga dengan Iptek. Hal ini juga penting untuk dipelajari karena dengan cara ini umat manusia dapat memperoleh kemajuan material untuk menjalankan fungsinya sebagai khalifah di muka bumi.

Perubahan dan pengembangan Yayasan Pembina Pendidikan Ibnu Chaldun Jakarta adalah salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas dari Universitas Ibnu Chaldun Jakarta yang berdiri sejak Tahun 1956 ini untuk mencetak generasi cerdik cendikia yang didasari dengan latar belakang akademis yang kuat sebagai nilai tambah, yang menjadi sentral bagi tujuan pengelolaan pendidikan di Universitas Ibnu Chaldun sehingga mampu mewujudkan kemakmuran dan kemuliaan peradaban manusia di seluruh dunia.

II. SEJARAH IBNU CHALDUN

Lahir Pada : 27 Mei 1333 M / 732 H

Nama Universitas Ibnu Chaldun diambil dari seorang Filsuf ISLAM ternama di dunia, Syaikh Ibnu Khaldun (Waliuddin Abdurrahman bin Muhammad bin Muhammad bin Abi Bakar Muhammad bin al-Hasan), Karyanya “Muqaddimah” dipelajari oleh Universitas berkaliber Internasional di Dunia dan dijadikan Refrensi Utama oleh para negarawan untuk memimpin suatu negara, juga sebagai peletak dasar-dasar Ilmu Sosiologi, Ekonomi, dan Politik. Genius sejarah terbesar dari Islam, hasil karyanya masih menjadi acuan oleh para Sarjana Barat. Sejarah Lengkap - Lihat Disini.

 III. AZAS & CIRI KHAS

A. AZAS
Universitas Ibnu Chaldun Jakarta Berazaskan Pancasila dan berdasarkan Undang-Undang Dasar 1945 yang dijiwai oleh ajaran islam.

B. CIRI KHAS
Universitas Ibnu Chaldun Jakarta bersendikan ajaran islam yang tercermin dalam tindakan manajemen dan tindakan sivitas akademika, karyawan serta alumninya.

IV.  VISI, MISI & TUJUAN

A. VISI
Universitas memiliki visi untuk membangun sebuah lembaga pendidikan tinggi Islam yang sanggup menghadapi perubahan zaman, Kokoh dalam IMTAQ dan unggul dalam IPTEK.

B. MISI
(1) Menerapkan kurikulum bernuansa islami secara tematis di lingkungan pendidikan Universitas Ibnu Chaldun dan masing-masing Fakultas yang terkait.
(2) Secara berkelanjutan meningkatkan kualitas SDM yang mampu mengemban tugas dan pekerjaannya demi meningkatkan kesejahteraan dan kemaslahatan bangsa.
(3) Secara berkelanjutan membina suasana akademik yang sehat dalam mengembankan ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, dan agama.
(4) Secara berkelanjutan meningkatkan kualitas manajemen Universitas Ibnu Chaldun Jakarta.

C. TUJUAN
(1) Menyiapkan peserta didik menjadi warga masyarakat yang beriman dan bertaqwa kepada Allah Subhanahu Wata’ala, sehat jasmani dan rohani, memiliki kecerdasan tinggi, serta kesadaran berbangsa dan bernegara, memiliki kemampuan akademik dan professional yang mampu menggali, menerapkan, dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, kesenian, dan agama untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional.
(2) Memelihara, mengembangkan, dan menyebarluaskan ajaran islam, ilmu pengetahuan, teknologi, dan kesenian seluas-luasnya bagi kemaslahatan rakyat indonesia pada khususnya dan umat manusia pada umumnya.
(3) Penyelenggaraan kegiatan untuk mencapai tujuan Universitas dilakukan dengan berpedoman pada kaidah ajaran Islam, tujuan pendidikan nasional, kaidah moral dan etika ilmu pengetahuan, kepentingan masyarakat, serta memperhatikan minat, kemampuan, dan prakarsa pribadi peserta didik

V. PENGABDIAN DI MASYARAKAT

Universitas Ibnu Chaldun telah memiliki reputasi sebagai lembaga pendidikan tinggi yang bernafaskan agama islam yang terpandang di tanah air sejak 54 tahun yang lalu dengan:

(1) Memiliki sumber daya manusia yang professional dibidangnya.
(2) Universitas Ibnu Chaldun memiliki potensi memadai untuk dikembangkan dan berperan aktif dalam menghadapi perubahan dan atau kebutuhan pendidikan dimasyarakat.
(3) Memiliki Lembaga Pengkajian Islam yang merealisasikan ciri khas Universitas Ibnu Chaldun sebagai Universitas Islam.
(4) Sebanyak kurang lebih 3.000 lulusan dari Universitas Ibnu Chaldun Jakarta telah mengabdikan diri baik di sektor swasta maupun pemerintahan.
(5) Lokasi kampus yang berada di Ibukota Negara, sehingga memungkinkan untuk dapat mengikuti perkembangan pembaharuan dibidang pendidikan secara dini dan professional.

VI. HUBUNGAN INTERNASIONAL

Eksistensi pendidikan yang dijalankan oleh Universitas Ibnu Chaldun Jakarta telah mengantarkan ke tingkat Hubungan Internasional. UIC Jakarta merupakan salah satu Universitas Islam yang masuk dalam Organisasi Universitas-universitas Islam Di Dunia. Menghadapi era globalisasi ini sangat penting bagi Universitas Ibnu Chaldun untuk dapat mengikuti perkembangan akademik dengan Universitas-universitas Islam dunia.

Pada tahun 1995 Universitas Ibnu Chaldun mengirimkan perwakilannya untuk menghadiri Konferensi Universitas-universitas Islam Dunia olah Persatuan Universitas-universitas Islam Dunia. Yang diadakan di Universitas Al-Azhar, Cairo.

Dalam konferensi ini Universitas Ibnu Chaldun Jakarta terpilih sebagai Anggota Badan Eksekutif Persatuan Universitas-universitas Islam Dunia.

VII. FASILITAS YANG DIMILIKI

[table id=3 /fasilitas]

VIII. PENUTUP

Teriring do’a lebih dahulu kita panjatkan kehadirat Allah SWT, semoga kita semua selalu dalam naungan taufiq dan hidayahNya serta kita senantiasa selalu berada dalam lindungan-Nya dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan tugas sehari-hari, Amin.

Pengabdian Universitas Ibnu Chaldun Jakarta di tengah lingkungan pendidikan tanah air selama setengah abad yang telah melahirkan ribuan anak didik, banyak diantara mereka telah berkarier baik di tingkat pemerintahan maupun swasta. UIC Jakarta kini hadir dengan memberikan pelayanan pendidikan yang lebih ekonomis. Pendidikan yang ekonomis bukan berarti memiliki kualitas yang minim, kami komitmen kepada masyarakat Indonesia dalam memberikan pelayanan pendidikan yang sangat baik dengan menjaga mutu serta output daripada para anak didik untuk dapat berkompetisi serta dapat mengembangkan diri secara professional dalam menghadapi era globalisasi.

Dalam perkembangannya Universitas Ibnu Chaldun Jakarta bekerjasama dengan pihak-pihak pelaksana pendidikan dalam mengarahkan anak didik mereka untuk meneruskan pendidikan ke tingkat selanjutnya guna mencetak generasi islami yang memiliki daya saing di era globalisasi yang berlandaskan Iman dan Taqwa.

Demikianlah proposal pendidikan Yayasan Pembina Pendidikan Ibnu Chaldun Jakarta ini dibuat untuk dapat memberikan pengetahuan mengenai sistem pendidikan yang dijalankan. Kami berharap generasi muda islami akan terus bertambah untuk menemukan jati dirinya dengan idealisme yang dimiliki dan dapat memberikan warna baru bagi Bangsa Indonesia dibawah binaan pendidikan Universitas Ibnu Chaldun Jakarta.

Dewan Pengurus Yayasan Pembina Pendidikan Ibnu Chaldun (YPPIC) Jakarta

H. Ahaba Ishak, SH
Ketua Umum

Berita Terbaru

Kirim Pesan Ke Humas

Nama

Email

Pesan

Alamat Kampus

Universitas Ibnu Chaldun - Jl.Pemuda I Kav.97, Rawamangun, Jakarta Timur - 13220, PO Box 1224

Kontak Humas

E-Mail: humas@ibnuchaldun.ac.id
Telp: (021)-4722059, Fax: (021)-4702563
SMS & Call Center: (021) 978 42 123
BBM Humas: 326C475C

Lihat Peta Kampus