Universitas Ibnu Chaldun

Selamat Jalan Pak Qomari

Selamat Jalan Pak Rektor..



UIC Jakarta baru saja kehilangan tokoh hebat sekaligus Rektor UIC Jakarta, Prof. Dr. H. Qomari Anwar, MA. Figur intelektual yang memiliki dedikasi tinggi ini menghembuskan nafas terakhirnya, Subuh tadi, pukul 03.40 WIB, di Rumah Sakit Pusat Pertamina, Jakarta Selatan.

Gaya bicaranya lembut, namun setiap kalimat, selalu diartikulasikan dengan jernih dan lancar seperti air mengalir, menjadi  ciri khasnya. Di tengah-tengah usaha kembali membangkitkan kemajuan UIC Jakarta, tidak pernah terlintas sekalipun mengeluarkan bahasa tubuh ketegangan dan panik. Sebaliknya, wajahnya selalu dihiasi senyuman dan terus menyalakkkan obor kemajuan.

Sebelumnya, nahkoda Green Campus UIC Jakarta ini pernah menjabat Rektor Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Muhammadiyah Jakarta (IKIP MJ) era 1995-1997.

Kemudian di tahun 1997, IKIP MJ mengalami perubahan bentuk menjadi  Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Dan, suami Hj. Sri Nur’aini ini, diangkat menjadi Rektor Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (UHAMKA) yang pertama. Pada masa inilah UHAMKA mulai menunjukkan perkembangan yang sangat akseleratif. Sebagai contoh, dalam waktu sekitar 6 tahun jumlah mahasiswa naik dari sekitar 3.000 menjadi lebih 9.000, disusul dengan anggaran meningkat dari sekitar Rp 4 milyar  menjadi lebih Rp 44 milar.

Untuk gelarnya, Rektor Qomari menyelesaikan pendidikan jenjang sarjana muda (BA), dan S1 di IKIP Muhammadiyah Jakarta, jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Kemudian dilanjutkan S2 di University of Sussex Inggris, jurusan Pengembangan Kurikulum. Tak berpuas diri, Rektor Qomari, menyelesaikan S3 di Universitas Pendidikan Indonesia di Bandung, konsentrasi Kebijakan Pendidikan.

Sebagai praktisi pendidikan, Rektor yang peduli anak yatim ini, juga meluangkan waktu untuk menulis karya ilmiah baik berupa makalah maupun buku. Diantara buku yang pernah diterbitkan adalah, Puasa dalam Islam, Tuntunan Manasik Haji Tamattu’, Pendidikan Indonesia yang Mencerahkan, dan lain-lain.

Almarhum akan disemayamkan dirumah duka Jalan Oscar 3, Bambu Apus, Pamulang, Tangsel. Pihak keluarga berencana akan mengebumikan orang nomor 1 di UIC Jakarta ini di TPU Gandaria seusai Salat Dzuhur.

Selamat Jalan Pak Qomari, Kini Biarkan Obor Semangatmu Kami hembuskan Lagi untuk Kemajuan UIC Jakarta.

Semoga Amal Ibadah Bapak Senantiasa Allah SWT Balas dengan Kebaikan Tempat di Sisi-NYA. Amin Yaa Rabba’Alamin


Awan Setia Budi

Berita Terbaru

Kirim Pesan Ke Humas

Nama

Email

Pesan

Alamat Kampus

Universitas Ibnu Chaldun - Jl.Pemuda I Kav.97, Rawamangun, Jakarta Timur - 13220, PO Box 1224

Kontak Humas

E-Mail: humas@ibnuchaldun.ac.id
Telp: (021)-4722059, Fax: (021)-4702563
SMS & Call Center: (021) 978 42 123
BBM Humas: 326C475C

Lihat Peta Kampus