Universitas Ibnu Chaldun

Selamat itu Bukan Soal Praktis dan Efisien Saja

Ini soal kisah klasik, tapi untuk masa depan. Yeah! Seperti lagunya Sheila on Seven. Persoalan hujan kan bukan persolan baru-baru ini, karena sudah tidak terhitung berapa juta tahun yang lalu hingga di era gadget ini. Juga, termasuk urusan jas hujan yang sudah pasti jadi pakaian wajib bikers.



Jas hujan sengaja di desain untuk melindungi bikers dari air hujan. Jenisnya paling umum digunakan 2 macam. Ada yang mirip pakaian, langsung melekat dengan tubuh ada juga tipe Batman, karena punya sayap lebar-yang konon bisa melindungi tas ransel di belakang pundak atau biar boncenger nggak kena air hujan juga.

Tapi belakangan fenomena jas hujan tipe Batman, banyak di daulat bisa menyebabkan kecelakaan. Lho...apanya yang salah? Hepi, salah seorang punggawa Forum Keselamatan Jalan Bersama (FKJB) berbagi cerita jas hujan tipe ponco alias Batman bisa menimbulkan kecelakaan. Ciyuss?

  1. 1.    Bukan Melindungi Hanya Sekedar Menutupi
Hayoo...jangan muna. Jas hujan tipe ponco alias Batman hanya melindungi sebagian tangan. Jadi sudah pasti tuh jaket mahal sekalipun bakal kena basah terutama di bagian bawah lengan tangan.

“Jadi fungsinya berkurang, karena nggak bisa menutupi seluruh area tangan. Bahkan, ketika angin kencang, seputar area kaki, bisa basah kuyup,” buka Hepi kepada ibnuchaldun.ac.id.

  1. 2.    Sayapnya Bikin Pandangan Terganggu
Lagi-lagi jas hujan tipe ponco bikin ulah. Pandangan pengendara di belakang bakal sedikit tertutupi karena kepakan sayap ponco alias Batman, menutupi area pandangan bikers di belakangnya.

“Bagi si pengendara mungkin asik-asik saja. Tapi, pengendara di belakang konsentrasi terpecah baik karena guyuran air hujan sekaligus karena kepakan sayap si Batman itu. Saran saya, nggak usah deh pakai jas hujan ponco, atau kalau terpaksa, lebih baik sayapnya didudukin. Tapi, itu nggak menjamin bakal lama, karena angin yang kencang bisa mengembalikan sayap itu berkibar lagi,” jelas Hepi.

  1. 3.    Bisa Nyangkut ke Roda atau Rantai Motor
Ini yang paling berbahaya. Disamping merugikan orang lain, jas hujan tipe ponco alias Batman juga bisa membahayakan si pengguna. Alih-alih pengin praktis, justru berbahaya.

“Sudah banyak contoh yang makai jas hujan Batman  keserimpet sayapnya dan bikin celaka. Bukan hanya ke rantai, bagi pengguna motor bebek. Sayap Batman juga bisa mengenai pengendara lain atau bahkan kendaraan lain dan si pengguna bisa tertarik olehnya. Dan ini sangat berbahaya sekali,” beber Hepi.

  1. 4.    Jas Hujan Pakaian Lebih Baik
Pernah nih ada yang bilang, jas hujan tipe pakaian disebut egois. Ya, karena hanya si penggunanya saja yang nggak kena air hujan, tapi barang atau boncenger tetap basah kuyup. Bagi MotoDream itu tanggapan kuno sob. Masih banyak jas hujan dengan size lumayan besar yang bisa buat melindungi tas ransel sekalipun.

”Alternatifnya pilih size yang gede dan berbahan semi plastik seperti bahan tas pada umunya biar nggak gampang sobek. Soal boncenger, sementara abaikan dulu daripada membahayakan semua. Apalagi rutinitas perjalanan jarak jauh.” Terang Hepi.


Teks: Awan Foto: Ist

Berita Terbaru

Kirim Pesan Ke Humas

Nama

Email

Pesan

Alamat Kampus

Universitas Ibnu Chaldun - Jl.Pemuda I Kav.97, Rawamangun, Jakarta Timur - 13220, PO Box 1224

Kontak Humas

E-Mail: humas@ibnuchaldun.ac.id
Telp: (021)-4722059, Fax: (021)-4702563
SMS & Call Center: (021) 978 42 123
BBM Humas: 326C475C

Lihat Peta Kampus