Universitas Ibnu Chaldun

Tumpukan Berkas atau SDM yang Berkualitas?

Seminar Pendidikan - Pentingnya Pendidikan Tinggi di Tengah Era Globalisasi.



Sekitar dua Minggu lalu, tepatnya Sabtu, 21 Mei 2011, bertempat di Aula Prof. Dr.Bahder Djohan, Universitas Ibnu Chaldun Jakarta. Berbagai siswa-siswi SMK sederajat dari berbagai wilayah di Jakarta dan sekitarnya, datang untuk mengikuti seminar yang diadakan oleh Fakultas Ekonomi UIC. Siswa-siswi tersebut begitu antusias saat menyimak pemaparan para pembicara yang bertema Pentingnya Pendidikan Tinggi di Tengah Era Globalisasi.

Pembicara yang tampil dalam acara ini antara lain, Dr. Reni Marlinawati yang merupakan anggota DPR RI Fraksi PPP Komisi X DPR RI, Dr. H. Taufik Yudi Mulyanto, Mpd sebagai Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta yang menggantikan Dr.H. Fauzi Bowo, Gubernur DKI yang berhalangan hadir sebagai Keynote Speaker, Dr. M. Siddiq, S.Sos, Msi sebagai Praktisi dan Pakar pendidikan Perguruan Tinggi, dan H. Ahmad Darojul Ali,SH sebagai salah seorang Dosen UIC-Jakarta.

M. Siddiq dalam pemaparan makalahnya, menjabarkan sistem pendidikan Indonesia di tengah-tengah era globalisasi ini berlangsung melalui dua dimensi dalam interaksi antar bangsa. Yaitu dimensi ruang dan waktu. Ruang makin dipersempit dan waktu makin dipersingkat dalam interaksi dan komunikasi pada skala dunia.

Menurutnya, guru dan kurikulum adalah komponen penting dalam sebuah sistem pendidikan. Selain itu, peranan orang tua di rumah merupakan hal lain yang juga tak kalah penting. Sehingga output dari sistem pendidikan nasional kita adalah generasi muda Indonesia yang berkarakter dan profesional di bidang keahliannya serta mampu bersaing di era globalisasi dan pasar bebas ini.

Sementara itu, Dr. H. Taufik Yudi Mulyanto, Mpd di depan puluhan peserta seminar membacakan pesan tertulis dari Gubernur DKI Jakarta. Dalam pemaparannya menjelaskan bahwa pendidikan itu sangat penting, bahkan sudah menjadi keharusan sebagai bekal dan menjadi pilar tegaknya suatu bangsa. Dinas pendidikan DKI Jakarta akan terus mengusahakan buku elektronik untuk SMU/SMK swasta di Jakarta. Sampai saat ini Pemprov DKI tengah menuju penuntasan wajib belajar 12 tahun.

Selanjutnya, H. Ahmad Darojul Ali,SH menguraikan pendidikan dari perspektif Islam.dengan mengutip dalil surah Al-Mujadalah ayat 11, yang artinya “Niscaya Allah akan meninggikan derajat orang-orang yg beriman di antara kamu dan orang-orang yg diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat.

Sedangkan Dr. Reni Marlinawati yang bertugas di Komisi X DPR RI membidangi Pendidikan, Pemuda, Olahraga, Pariwisata, Kesenian, dan Kebudayaan, bersemangat menjabarkan pendidikan di Indonesia.”Pendidikan adalah hak setiap warga negara, pendidikan juga yang menentukan maju dan mundurnya suatu bangsa,” ujarnya. “Anggaran pendidikan sebesar 20% dari APBN,saat ini jumlahnya 240 triliun,” jelasnya.

Tak kalah hangat,sesi tanya jawab menjadi acara perbincangan terakhir seminar. Peserta sangat kritis bertanya realita pendidikan di Indonesia. Dengan cerdas dan bijak para narasumber berhasil menjawab dengan jelas dan memuaskan.

Di tempat terpisah, seusai seminar, Dr. H. Taufik Yudi Mulyanto, Mpd mengatakan hendaknya hasil seminar bukan hanya menjadi tumpukan berkas, tapi bisa terimplementasi dengan baik, sehingga akan lahir SDM Indonesia yang berdaya saing tinggi dan berkualitas.



Teks: Supri, Editor: Awan SB

Berita Terbaru

Kirim Pesan Ke Humas

Nama

Email

Pesan

Alamat Kampus

Universitas Ibnu Chaldun - Jl.Pemuda I Kav.97, Rawamangun, Jakarta Timur - 13220, PO Box 1224

Kontak Humas

E-Mail: humas@ibnuchaldun.ac.id
Telp: (021)-4722059, Fax: (021)-4702563
SMS & Call Center: (021) 978 42 123
BBM Humas: 326C475C

Lihat Peta Kampus