Universitas Ibnu Chaldun

Press Release - Sumbangan Yatim Piatu

“Banyak ayat Al-Qur’an dan hadist yang menyatakan kemuliaan memberi santunan kepada anak-anak Yatim Piatu. Karena memang demikian adanya, jika ingin rezeki yang kita dapatkan di-ridloi Allah SWT dan berkah, maka banyak-banyaklah bershodaqoh, terutama kepada delapan asnaf (delapan golongan yang berhak menerima shodaqoh) diantaranya kepada anak yatim dan piatu” kata Prof. DR. H. Qomari Anwar, Rektor Universitas Ibnu Chaldun-Jakarta, saat peyerahan santunan yatim piatu di Aula Prof. DR. Bahder Djohan, SH, Jum’at (06/05).




Universitas Ibnu Chaldun (UIC) Jakarta dengan Universitas Pertahanan (UNHAN) kembali mengadakan acara santunan sekaligus makan bersama dengan Yatim-Piatu. Santunan ini dihadiri oleh semua pimpinan fakultas UIC Jakarta dan tamu undangan yang diantaranya datang dari Pembantu Rektor II Universitas Jayabaya.

Hadir saat acara santunan ini diantaranya Prof. DR. H. Qomari Anwar, MA (Rektor UIC-Jakarta), Bapak Antoni (Pembantu Rektor III-UIC), Bapak H. Edy Haryanto (Anggota Dewan Pembina Yayasan Pembina Pendidikan Ibnu Chaldun), Mayjen. Dr. Syarifudin Tipe, M.Si (Rektor Univeritas Pertahanan) dan segenap tamu undangan dari berbagai kalangan praktisi pendidikan.

Lima puluhan anak-anak dan remaja yang tergabung dalam Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Baitul Yaumi yang merupakan TPA di bawah binaan Lembaga Pengkajian Islam (LPI) Masjid Hikmatul I’lmi-kampus UIC Jakarta, tampak senang dan sumringah ketika mendapatkan  bingkisan dari panitia penyantunan Yatim Piatu.

Selain uang saku, anak-anak mulia ini juga mendapatkan seragam sekolah, tas dan seperangkat alas tulis. “Isinya mungkin tidak seberapa, tapi mudah-mudahan cukup bermanfaat terutama untuk menghadapi tahun ajaran baru atau kenaikan kelas” kata Pak Syarifudin.

Beliau menambahkan, santunan ini sudah berlangsung selama tiga kali, berkat kerjasama yang terus terjalin dengan UIC-Jakarta.”Alhamdulillah sudah tiga kali ini, UNHAN dan UIC bekerjasama dalam acara santunan Yatim-Piatu. InsyaAllah kedepan kami akan terus tingkatkan kerjasama yang telah terbangun” sambungnya lagi.

Ke-50 anak-anak itu, masing masing dari kelas Iqro-15 anak dan dari kelas Al Qur’an yang diantaranya sudah duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP), adalah binaan Ustadz dan Ustadzah dari dua kampus, yaitu dari Universitas Negeri Jakarta dan Universitas Ibnu Chaldun Jakarta.

Definisi Anak Yatim-Piatu

Anak Yatim atau Piatu adalah anak yang ditinggalkan mati orang tuanya (Ayah/ibu) selagi ia belum mencapai umur baligh (dewasa). Dalam Islam, anak yatim memiliki kedudukan tersendiri. Bahkan mereka mendapat perhatian khusus dari Rasulullah SAW. Tujuannya tiada lain demi menjaga kelangsungan hidupnya agar jangan sampai telantar hingga menjadi orang yang tidak bertanggung jawab.

Ayat Al-Qur’an dan Hadist Nabi Tentang Yatim Piatu

“Saya yang menanggung (memelihara) anak yatim dengan baik ada di surga bagaikan ini, seraya Beliau memberi isyarat dengan jari telunjuk dan jari tengah dan Beliau rentangkan kedua kaki jarinya itu” (H.R. Bukhari).

“Dan berikanlah kepada anak-anak yatim (yang sudah baligh) harta mereka, jangan kamu menukar yang baik dengan yang buruk dan jangan kamu makan harta mereka bersama hartamu. Sesungguhnya tindakan-tindakan (menukar dan memakan) itu, adalah dosa besar (An-Nisaa:2).

“Sesungguhnya orang yang memakan harta anak yatim secara lalim. Sebenarnya mereka itu menelan api neraka sepuluh perutnya dan mereka akan masuk ke dalam api yang menyala-nyala” (An-Nisaa: 10).

Ismail bin Abdurrahman berkata, “Pemakan harta anak yatim dengan lalim itu besok di hari kiamat akan dikumpulkan dan di waktu itu keluarlah api yang menyala-nyala dari mulutnya, telinganya dan matanya sehingga semua orang mengenalnya bahwa ia sebagai pemakan harta anak yatim.”

“Barang siapa yang menanggung makan dan minum (memelihara) anak yatim dari orang Islam, sampai Allah SWT mencukupkan dia, maka Allah mengharuskan ia masuk surga, kecuali ia melakukan dosa yang tidak terampunkan” (H.R. Turmudzi).


Informasi : Rektorat UIC Jakarta (Rahmi Munawar)
Alamat : Jl.Pemuda I Kav.97, Rawamangun - Jakarta Timur
Tlp. : 021-4702 563.

Berita Terbaru

Kirim Pesan Ke Humas

Nama

Email

Pesan

Alamat Kampus

Universitas Ibnu Chaldun - Jl.Pemuda I Kav.97, Rawamangun, Jakarta Timur - 13220, PO Box 1224

Kontak Humas

E-Mail: humas@ibnuchaldun.ac.id
Telp: (021)-4722059, Fax: (021)-4702563
SMS & Call Center: (021) 978 42 123
BBM Humas: 326C475C

Lihat Peta Kampus