Universitas Ibnu Chaldun

Hidup Sehat dengan Produk Organik

Pangsa Pasar Pangan Organik Mencapai US$ 100 Milyar!




Memasuki abad ke 21, gaya hidup sehat dengan slogan “Back to Nature” telah menjadi trend baru bagi masyarakat dunia. Orang semakin menyadari bahwa penggunaan bahan-bahan kimia non-organik, seperti pupuk buatan dan pestisida kimia sintesis serta hormon tumbuh dalam produksi pertanian, ternyata banyak menimbulkan efek negatif terhadap kesehatan manusia dan lingkungan hidup.

Hasil penelitian oleh National Academy of Science (1987) menyimpulkan, penggunaan pupuk dan pestisida non-organik telah mengakibatkan terjadinya 1,4 juta kasus penyakit kanker diseluruh Amerika.

Bahan pangan yang mengandung residu nitrit, sulfat dan nitrat akan menimbulkan reaksi dengan gugus amino dalam tubuh dan membentuk senyawa nitrosamin. Senyawa ini bersifat karsiogenik yang dapat memicu timbulnya penyakit kanker pada manusia.

Selain berpengaruh negatif terhadap kesehatan manusia, penggunaan bahan-bahan kimia sintesis pada pertanian juga memberi dampak negatif kepada lingkungan, ekologi, pencemaran tanah dan air tanah.

Mengkonsumsi makanan yang sehat dengan nilai gizi yang mencukupi akan membuat tubuh menjadi lebih sehat. Makanan yang sehat adalah makanan yang diproduksi dari sistem produksi pertanian yang sehat pula. Produksi pertanian yang sehat adalah hasil proses produksi pertanian dengan menerapkan dan mengelola pertanian secara alami sehingga dihasilkan produk pertanian organik. Untuk menghasilkan pangan organik yang cukup, berkualitas dan berkelanjutan maka dalam penerapannya di lapangan dapat dilakukan dengan cara-cara sebagai berikut:

1.  Menghindari penggunaan benih/bibit hasi rekayasa genetik (GMO: Genetically Modified Organism).

2. Menghindari penggunaan pestisida kimia sintesis. Sementara itu, pengendalian gulma, hama dan penyakit dilakukan secara mekanis dan biologis.

3. Menghindari penggunaan zat pengatur tumbuh (growth regulator) dan pupuk kimia sintesis.

4.  Menghindari penggunaan hormon tumbuh dan bahan aditif sintesis kedalam makanan ternak.



Semakin Organik Semakin Sehat

Sampai saat ini, trend masyarakat dunia untuk mengkonsumsi bahan makanan yang sehat alami semakin meningkat. Permintaan terhadap produk pertanian organik di dunia naik rata-rata 20% per tahun dan diperkirakan pada tahun 2012, pangsa pasar dunia untuk produk pertanian organik akan mencapai sekitar US$ 100 milyar.

Sejumlah manfaat dan keuntungan yang dapat diperoleh dari pengembangan pertanian organik adalah:

1. Menghasilkan makanan yang cukup aman dikonsumsi dan bergizi, sehingga meningkatkan kesehatan masyarakat dan daya saing produk agribisnis.

2.  Pertanian organik akan memperbaiki lingkungan yang rusak.

3.  Pangan organik merupakan pangan alami, sehat dan aman. Unggul dalam segi mutu, rasa gizi dan penampilan.

4.  Pertanian organik menjaga keseimbangan lingkungan dan keanekaragaman hayati.


Oleh: Dr. Ir. Leonardus Subagyo, M.Sc.
Dosen Dpk di Fakultas Pertanian UIC

Editor: Awan Ibnu Chaldun

Berita Terbaru

Kirim Pesan Ke Humas

Nama

Email

Pesan

Alamat Kampus

Universitas Ibnu Chaldun - Jl.Pemuda I Kav.97, Rawamangun, Jakarta Timur - 13220, PO Box 1224

Kontak Humas

E-Mail: humas@ibnuchaldun.ac.id
Telp: (021)-4722059, Fax: (021)-4702563
SMS & Call Center: (021) 978 42 123
BBM Humas: 326C475C

Lihat Peta Kampus