Universitas Ibnu Chaldun

Awas! Illegal Wedding - Buku

DARI PENGHULU LIAR HINGGA PERSELINGKUHAN

Illegal wedding nama lain dari nikah siri acapkali sering digunakan pasangan yang mau menikah, namun menemukan banyak ganjalan ketika ingin mendaftarkan ke kantor Urusan Agama (KUA).

Ada yang dilakukan untuk poligami dengan tidak memberi tahu istri pertama atau istri yang sudah ada lebih dulu, ada juga yang dilakukan sebagai penjajakan sebelum pernikahan ‘resmi’ sehingga bila terjadi ketidakcocokan tidak menimbulkan konsekuensi hukum lain.

Apa pun alasannya, nikah siri atau nikah bawah tangan atau nikah yang tidak dicatatkan di KUA dalam banyak kasus yang paling merugi adalah perempuan dan anak-anak.

Penulis yang merupakan mantan penghulu  dengan jam terbang sudah menangani lebih dari 1000  pasang Pengantin ini mendefinisikan nikah siri sebagai pernikahan yang dilakukan di luar pengawasan petugas sehingga pernikahan itu tidak tercatat di Kantor Urusan Agama (KUA).

Pendapat yang mengatakan Islam tidak mengatur pencatatan untuk perkawinan, menurut Nurul Huda, harus dikaitkan dengan perhatian Islam yang besar pada pencatatan setiap transaksi utang dan jual beli.

Bila untuk urusan muamalah, seperti utang saja pencatatan dilakukan, apalagi untuk urusan sepenting perkawinan. Alasannya, perkawinan akan melahirkan hukum-hukum lain, seperti Hukum Kewajiban suami-Istri, Hukum pengasuhan anak, hak waris dan sebagainya.

Buku ini menjelaskan secara gamblang dampak negatif dari pernikahan siri, karena akan timbul masalah lain. Selain itu, jangan lewatkan bab lainnya yang mengulas berbagai peristiwa bagaimana mencari jodoh hingga menyelenggarakan pernikahan, catatan penulis tentang Penghulu yang telat datang ke acara hingga Penghulu liar dan  dinamika kehidupan berkeluarga lainnya.


Resensi Buku AWAS! ILLEGAL WEDDING



JudulAwas! Illegal Wedding
No. ISBN9791140537
PenulisNurul Huda Haem
PenerbitHikmah 
KategoriIslam
Text BahasaIndonesia




Teks dan Foto: Awan Ibnu Chaldun

Berita Terbaru

Kirim Pesan Ke Humas

Nama

Email

Pesan

Alamat Kampus

Universitas Ibnu Chaldun - Jl.Pemuda I Kav.97, Rawamangun, Jakarta Timur - 13220, PO Box 1224

Kontak Humas

E-Mail: humas@ibnuchaldun.ac.id
Telp: (021)-4722059, Fax: (021)-4702563
SMS & Call Center: (021) 978 42 123
BBM Humas: 326C475C

Lihat Peta Kampus